Kandungan Quran Surah An-Nasr


Asslamualaikum sahabat, disini saya ingin mencoba berbagi penjelasan isi kandungan Surah An-Nasr

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

1. Apabila telah datang pertolongan Allah

2. Dan engkau melihat manusia berbondong-bondong masuk agama Allah

3. Maka bertasbihlah dengan memuji nama Tuhanmu, dan mohonlah ampun kepadaNya. Sungguh Dia Maha Penerima Taubat.

......................................................................

Surah An-Nasr adalah Surah yang ke 110 dan berisi 3 ayat di turunkan di kota Madinah dan termasuk Surah Madaniyah. 

Surat An Nasr diturunkan ketika perang pembebasan kota mekkah atau biasa disebut dengan fathu makkah. 

Diriwayatkan dari Abdurrazzaq, dari Ma’mar, dari Az Zuhri, ia berkata, “Tatkala Rasulullah saw. memasuki kota mekah saat penaklukan”.

“Beliau juga mengutus Khalid bin Walid serta beberapa orang yang bersamanya untuk memerangi beberapa barisan Quraisy di pinggiran mekah”.

“Kemudian Allah mmberikan kemenangan atas pasukan Khalid, merekapun menyerah dan mau untuk masuk islam, kemudian Allahpun menurunkan surat ini

Khalid memiliki nama lengkap, Abu Sulaiman Khalid. Karena nama ayahnya adalah Walid, maka dari itu, ia sering disebut Khalid bin Walid. Sebagaimana di awal sudah dijelaskan bahwa Khalid dijuluki pedang Allah, atau dalam bahasa Arab, Sayf Allah al-Maslul. 

Artinya, pedang Allah yang terhunus. Alasan julukan ini disematkan padanya adalah, karena kemahirannya dalam bidang militer. Khalid selalu pandai menyusun strategi militer hingga membuatnya selalu menang, tak pernah kalah. 

Menurut para ahli tafsir seperti Ibnu Katsir, Syekh Wahbah Az-Suhaili, dan Sayyid Qutb, ada banyak kandungan dari surah ini yang bisa kita jadikan pelajaran.

1. Berisi kabar gembira

Sesuai namanya yang berarti "pertolongan", surah ini memberikan kabar gembira pada Rasulullah saw bahwa umat Islam akan diberi pertolongan dalam peristiwa Fathu Makkkah.

2. Manusia akan berbondong-bondong masuk Islam

Kabar gembira selanjutnya adalah bahwa setelah peristiwa Fathu Makkah, umat manusia akan berbondong-bondong masuk Islam. Hal ini terbukti bahwa sampai saat ini Islam menjadi agama yang sangat besar pemeluknya.

3. Bukti kebenaran Al-Qur'an

Melalui surah ini, kita juga menjadi yakin bahwa apa yang dikatakan dalam Al-Qur'an benar-benar terjadi yaitu peristiwa Fathu Makkah dan banyaknya orang-orang yang masuk Islam.

4. Menunjukkan bahwa setiap pertolongan datang dari Allah

Melalui Surah An-Nashr ini, kaum mukmin dianjurkan untuk selalu berzikir (mengingat Allah) dengan cara bertasbih dan memuji nama-Nya. Cara paling sederhana yang bisa kita lakukan ketika mendapat suatu nikmat dari Allah adalah dengan mengucap kalimat tahmid (alhamdulillah).

5. Menegaskan bahwa Allah Maha Pengampun

Allah Swt adalah Zat yang Maha Pengampun dan Maha Penerima Taubat. Maka dari itu, kita sebagai manusia tidak boleh pesimis ketika bertaubat kepada Allah atas segala dosa dan kesalahan.

Itulah beberapa kandungan Surah An-Nashr, semoga kita selalu diberi pertolongan oleh Allah Swt.

Wallahu a'lam.

Terima Kasih, semoga bermanfaat :)







Komentar