Assalamualaikum sahabat, bertemu lagi di blog saya yang akan membahas tentang satu persatu Surah dan ayat-ayat Allah dalam Al-Quran.
Kali ini tentang Surah Al-Bayyinah yang merupakan Surah Madaniyah karena di turunkan di kota Madinah dengan jumlah 8 ayat. Surah ini merupakan surah ke 98 dalam Al-Quran.
Adapun arti dari surah ini yaitu.

Dengan menyebut Nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1. Orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik tidak akan meninggalkan agama mereka sampai datang kepada mereka bukti yang nyata.
2. yaitu seorang Rasul dari Allah (Muhammad) yang membacakan lembaran-lembaran yang suci (Al-Quran)
3. di dalamnya terdapat (isi) kitab-kitab yang lurus dan benar
4. dan tidaklah terpecah-belah orang-orang ahli kitab melainkan setelah datang kepada mereka bukti yang nyata.
5. Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah, dengan ikhlas menaati-Nya semata-mata karena menjalankan agama dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar).
6. Sungguh orang-orang yang kafir dari golongan Ahli Kitab dan orang-orang musyrik akan masuk ke neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Mereka itu adalah sejahat-jahatnya makhluk
7. Sunguh, orang orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka itu sebaik-baiknya makhluk.
8. Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah Syurga Adn yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah rida terhadap mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Yang demikian itu adalah balasan bagi orang-orang yang takut kepada Tuhannya.

...................................................................................................................................................................

Al-Bayyinah artinya adalah Pembuktian. Adapun kandungan surah Al-Bayyinah secara umum adalah bahwa Al-Quran dan Muhammad adalah bukti yang nyata dari Allah tentang jalan lurus dalam islam. 
Seperti pada ayat 3 "di dalamnya terdapat isi kitab-kitab yang lurus dan benar". Disini menandakan bahwa dalam Al-Quran adalah sebuah pedoman yang telah di sempurnakan sejak Kitab Taurat, Zabur dan Injil. Al-Quran sudah menjadi rangkuman dari kitab-kitab terdahalu. Ini berarti, kitab-kitab terdahulu seharusnya sudah di tinggalkan dan menjadi satu pedoman yaitu Al-Quran.

Wallahu alam bisawwaf.
Semoga bermanfaat untuk sahabat setia pembaca. Terima Kasih 
Wassalamualaikum..

Komentar