Assalamualaikum sahabat shalihah, lanjut yuk tak pernah bosan setiap hari akan selalu update tiap ayat-ayat Alla yang InsyaAllah bermanfaat. 

Baik, kali ini adalah Surah Al-Asr yaitu Surah yang ke 103 berisi 3 ayat dan termasuk surah makkiyyah karena masih di turunkan di kota Makkah.

Berikut arti dari tiap ayat Surah Al-Asr :

Dengan menyebut Nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

1. Demi Masa

2. Sungguh manusia berada dalam kerugian

3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan serta saling menasehati untuk kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran.

...............................................................................................................................................

Kata Al 'Ashr berarti waktu/masa dan diambil dari ayat pertama surat ini. Isi surat mengabarkan bahwa sesungguhnya semua manusia itu berada dalam keadaan merugi kecuali dia termasuk mereka yang selalu beramal saleh, saling menasihati dalam kebenaran dan kesabaran.

Meskipun pendek dan mudah dihafal, Surah Al-Ashr memiliki makna dan kandungan yang sangat luar biasa.

Allah Swt pada ayat pertama bersumpah dan dengan tegas memperingatkan tentang waktu. Waktu yang diberikan Allah kepada setiap manusia di dunia ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Umur kita selama hidup di dunia tidak ada yang tahu kapan berakhirnya. Ada yang panjang umur, tetapi banyak pula yang pendek umurnya. Namun yang pasti, umur adalah nikmat terbesar yang diberikan Allah Swt kepada manusia.

Selanjutnya, Allah mengingatkan kepada manusia bahwa siapa saja yang tidak bisa memanfaatkan waktu maka ia akan merugi.

Kecuali mereka orang-orang yang beriman, yang beramal soleh, orang-orang yang saling menasihati dalam kebenaran, dan orang yang menasihati dalam kesabaran.

Dengan demikian, waktu kita selama di dunia yang hanya sementara harus bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Sebab, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Jangan lupa pula bahwa waktu yang hilang tidak mungkin bisa terulang.

Wallahu a'lam.[]

Terima Kasih, semoga bermanfaat untuk kita semua :)

Komentar