Surah Al-Ghasyiyah 1-10


Dengan Menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.
1. Sudahkah sampai kepadamu berita tentang hari kiamat?
2. Pada hari itu banyak wajah yang tertunduk terhina 
3. karena bekerja keras lagi kepayahan 
4. mereka memasuki api yang sangat panas (neraka)
5. diberi minum dari sumber mata air yang sangat panas
6. tidak ada makanan bagi mereka selain dari pohon yang berduri
7. yang tidak menggemukkan dan tidak menghilangkan lapar
8. pada hari itu banyak pula wajah yang berseri-seri
9. merasa senang karena usahanya sendiri
10. mereka dalam surga yang tinggi 
.................................................................................................................................................................
Surah terfavorit karena sesuatu hihihiw

Surat . Al Ghasiyah  terdiri atas 26  ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan  sesudah  surat  Adz Dzaariat . Nama “ Al Ghaasiyah” diambil dari perkataan ‘Al Ghaasiyah , yang terdapat pada ayat pertama. yang berarti “ Peristiwa yang dahsyat”. Maksudnya adalah hari Kiamat surat ini adalah surat yang kerap dibaca Nabi pada shalat Hari-hari Raya dan shalat Jum’at.

Pokok-pokok isi kandungan surat Al Ghaasiyah yaitu ;  keterangan tentang orang-orang kafir pada hari kiamatdan azab yang dijatuhkan atas mereka ; keterangan tentang orang-orang yang beriman  serta keadaan surga yang diberikan kepada mereka sebagai balasan ; perintah untuk memperhatikan keajaiban ciptaan –ciptaan Allah ; perintah kepada Rasulullah SAW untuk memperingatkan kaumnya kepada ayat-ayat Allah karena beliau adalah seorang pemberi peringatan. Dan bukanlah seorang yang berkuasa atas keimanan mereka.

Komentar